Budaya Tari Karo dalam Souvenir Karo

3:17 AM Dwi Agnes Natalia Bangun 0 Comments


Salah satu budaya yang sangat mengakar dalam kehidupan orang Karo adalah tari Karo. Budaya tari Karo merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pola kekerabatan masyarakat Karo. Berbagai acara-acara tradisional Karo, seperti upacara keagamaan, upacara pernikahan, upacara kematian, dan berbagai aktivitas tradisional lainnya seperti guro-guro aron (acara tahunan bagi muda-mudi Karo) selalu diiringi dengan tarian Karo. Seorang pakar tari Karo, Narika Tarigan, bahkan mengatakan bahwa wanita Karo baru dapat menikah jika sudah bisa menari Karo dengan baik. Hal ini disebabkan karena tari Karo merupakan cerminan pribadi orang Karo. Seluruh gerak tari Karo mengandung makna-makna filosofi yang menampilkan karakter orang Karo yang sesungguhnya.

Tarian Karo juga tidak bisa ditarikan sembarangan, ada tata cara yang benar dalam menarikannya. Salah menempatkan tangan dapat membuat makna gerak menjadi berbeda. Oleh karena itu, orang Karo perlu memahami setiap tata cara penempatan tangan dan gerak tubuh yang benar dalam menari Karo. Setiap orang Karo, laki-laki dan perempuan, tua dan muda, wajib mengikuti rangkaian acara, termasuk menari Karo. Oleh karena itu, menari Karo dapat dikatakan sebagai sebuah kemampuan yang perlu dipelajari oleh orang Karo.

Kesenian tari Karo ini merupakan salah satu aspek yang dapat mempertahankan kebudayaan Karo. Melalui kesenian inilah, suku Karo dapat menunjukkan eksistensinya di tanah air Indonesia. Eksistensi sebagai satu subetnis Batak yang memiliki keunikan kesenian yang menambah kekayaan budaya Indonesia.

Berdasarkan hasil riset inilah, Souvemize menghadirkan desain souvenir Karo berupa pasangan muda mudi Karo yang sedang menari Karo. Adapun kedua karakter menari dengan memakai pakaian adat Karo yang lengkap sehingga terasa suasana adat Karo yang sebenarnya. Inilah budaya Karo yang Souvemize kresikan untuk menyempurnakan acara2 penting bagi masyarakat Karo.


You Might Also Like

0 comments: